Pencanangan Desa Open Defecation Free ( ODF ) di Desa Diengkulon Tahun 2019

Administrator 14 November 2019 22:11:36 Berita Desa

Dalam upaya mencapai sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di Desa Diengkulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara dan sebagai bentuk dukungan dan penguatan legalitas formal, Pencanangan desa open defecation free (ODF) di desa Diengkulon dilakukan sebagai salah satu alternatif solusi pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan atau dengan kata lain sering dikenal dengan istilah STBM (sanitasi total berbasis masyarakat).

Kegiatan dihadiri oleh forkomincam Batur, tim verifikasi desa ODF, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, jajaran UPTD Puskesmas BATUR II, Kepala Desa Diengkulon beserta seluruh jajaran, ketua TP PKK Kecamatan Batur dan Desa, serta seluruh steackholders dan perwakilan masyarakat.

"Dalam penyelenggaraan pembangunan desa, diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan, yang mana salah satu wujud nyatanya berupa penyiapan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan melalui deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan dan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dapat mempengaruhi kejadian penyakit menular yang diantaranya penyakit diare, thypoid, dan lain-lainnya. Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) dapat memutuskan rantai penularan penyakit." Kata Camat Batur Imron Rosyadi,SH.

"Sebagai salah satu Desa Wisata unggulan di Jawa Tengah, Diengkulon harus menjadi Desa teladan bagi desa yang lain, salah satunya dengan program Open Defecation Free:. tambahnya

Kegiatan Open Defecation Free (ODF) di akhiri dengan meninjau lokasi yang akan di jadikan sebagai jamban komunal di wilayah RW 1 Desa Diengkulon.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Sinergi Program

Banjarnegara
BPPKAD

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung