Website Resmi Pemerintah Desa Diengkulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah  

PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH DI DESA DIENGKULON

Administrator | 07 Agustus 2020 09:12:36 | Berita Desa | 11 Kali

Diengkulon. Tiap tahun limbah sampah di Desa Diengkulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara meningkat seiring bertambahnya jumlah wisatawan dan jumlah penduduk. Sampah itu kini hanya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir sebagai lokasi akhir, tanpa dilakukan perlakuan. Sebanyak 90 persen pengelolaan dengan cara diangkut dan menimbunnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), 5 persen kesadaran masyarakat mengubur sampah dan membakarnya.

Sampah merupakan salah satu yang menyebabkan permasalahan lingkungan yang memerlukan perhatian serius untuk menanganinya. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Sampah yang dihasilkan terdapat dalam berbagai jenis dan sifatnya. Berdasarkan sifat fisik dan kimianya sampah dapat digolongkan menjadi sampah yang mudah membusuk terdiri atas sampah organik seperti sisa sayuran, sisa daging, daun dan lain-lain, sampah yang tidak mudah membusuk seperti plastik, kertas, karet, logam, sisa bahan bangunan dan lain-lain, sampah yang berupa debu/abu, dan sampah yang berbahaya (B3) bagi kesehatan, seperti sampah berasal dari industri dan rumah sakit yang mengandung zat-zat kimia dan agen penyakit yang berbahaya. Secara umum jenis dari sampah itu dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu sampah organik adalah sampah yang dapat diurai (degradable), dan sampah anorganik adalah sampah yang tidak terurai (undegradable).

Keberadaan sampah itu dapat bersumber dari rumah tangga, kegiatan pertanian, kegiatan pertambangan, kegiatan pembangunan dan pemugaran gedung, daerah perdagangan, maupun pada lembaga pendidikan. Sumber sampah terbanyak adalah yang berasal dari pemukiman, komposisinya berupa 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya adalah sampah anorganik. Sampah organik telah banyak dijadikan sebagai bahan kompos dan biogas. Untuk sampah anorganik masih minim pengolahannya. Sampah anorganik sangat sulit untuk didegradasi oleh alam, sampah anorganik yang banyak dijumpai adalah jenis plastik khususnya botol plastik. Upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk meminimalkan sampah rumah tangga adalah melakukan pemilahan antara sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik dapat dijadikan kompos, sedangkan sampah anorganik dapat dijadikan aneka kreasi daur ulang.

Bank BNI bersama PT. Geo Dipa Energi Unit Dieng menggandeng YAKSINDO (Yayasan Kelola Sampah Indonesia) mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah yang dilaksanakan di Diengkulon pada tanggal 6 Agustus 2020. Di harapkan pada pelatihan tersebut di Desa Diengkulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara akan terbentuk kelompok yang mampu mengelola sampah di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Sinergi Program

Banjarnegara
BPPKAD

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung